Sabtu, 01 November 2008

History of KMB Adhitana

Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) Adhitana merupakan suatu perkumpulan mahasiswa-mahasiswi Buddhis di Universitas Kristen Maranatha, dibentuk pada tanggal 10 Mei 1992 dengan arti "TEKAD" oleh para pendiri yang tergerak hatinya melihat mahasiswa/i Buddhis yang merupakan minoritas begitu tak berdaya ketika berada dilingkungan kampus.

Dan yang paling menyedihkan adalah banyaknya mahasiswa/i yang malu dan risih mengaku beragama Buddha sehingga ikut-ikutan teman lainnya untuk pindah agama.

Ada juga yang tetap bertahan sebagai umat Buddha, tetapi tidak tahu ke Vihara mana mereka dapat mengikuti kebaktian.
Karena sebab-sebab inilah maka para pendiri berusaha membangkitkan semangat Buddhis mereka semua, mengembalikan rasa percaya diri mereka.

Untuk gagasan ini dilakukanlah rapat yang berulang-ulang walaupun tanpa tempat yang memadai. Untunglah KMB Adhitana ini didukung oleh KMB dari Universitas lainnya, sehingga semangat pendiri terus berkobar meskipun Rektor Universitas Kristen Maranatha tidak memberikan perlindungan bagi KMB Adhitana ini.


Dengan itu, KMB Adhitana mengadakan kebaktian bersama setiap hari Jumat diruangan C206 jam 11.00 WIB. Kegiatan KMB Adhitana adalah mengadakan kunjungan ke Vihara2, penerimaan anggota Buddhis baru, Bakti Sosial, makrab KMB ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KMB-KMB lain dan kegiatan-kegiatan dari vihara.

Tidak ada komentar: